Welcome

Rabu, 12 Oktober 2011

Backpackers Sejati

Tour sendiri tanpa mengandalkan travel memang membuat kami sangat kewalahan. Tapi jutru dengan ke nekatan kami dengan tour seperti ini (tanpa travel, yg hanya mengandalkan informasi dari beberapa informan dan dari via web) inilah membuat kami mendapat banyak pengalaman. tapi perlu di Ingat.! perjalanan ini meskipun agak repot,tapi sangat amat menyenagkan.

PANDUAN PERJALANAN

Panduan perjalanan ini saya buat jika anda hendak bepergian tour dengan melakukan perjalanan tanpa menggunakan jasa travel dengan biaya yang lumayan murah. Keputusan untuk melakukan perjalanan ini tanpa meggunakan jasa travel yang dilakukan oleh para teenagers memang merupakan salah satu keputusan yang konyol, apalagi mengingat bahwa ini merupakan kunjungan kami yang pertama. Hhehehe.. hanya bermodal duit yang pas-pas an dan ke-sok-tauan, bahasa Inggris yang pas pas an serta kenekatan yang luar biasa..

Perjalanan tanpa menggunakan jasa travel ini memang membuat kami sangat kewalahan, tapi justru dengan perjalanan tanpa menggunakan jasa pemandu inilah kami mendapatkan banyak pengalaman yang tidak bisa kami lupakan. Mulai dari harus kesasar kesana-kemari, gelagapan mencari hotel yang murah (padahal hari itu sangat sulit mencari hotel yang murah mengingat ternyata bertepatan dengan moment Hari Imlek. Tentu saja hotel pada FULL semua). Dan berikut ini merupakan Panduan Perjalanan yang kami lakukan selama bepergian ke tiga Negara ASEAN tersebut. Check idottt…!!!!!!

BANGKOK

Setiba di Bandara Suvarnbhumi Bangkok, kami turun ke pesawat kemudian di antar ke bagian Arrival dengan bus yang sudah di sediakan oleh pihak Air Asia karena tempat turun pesawat kami ternyata lumayan jauh dari pintu masuk kedatangan yang ada di Bandara Suvarnbhumi, Bangkok.

Setelah sampai di bagian Arrival, langsung menuju ke Bagian Foreign Pasport (petugas nya rada – rada galak sich.. ).

Setelah dari Foreign Pasport menuju ke Baggage Claim. Kemudian naik ke lantai sekian (gue lupa lantai berapa) untuk membeli koin untuk naik MRT menuju ke Phaya Thai seharga 45 bhat. Di depan koin penjualan MRT di sediakan peta, nah.. peta peta yang tersdia di Bandara sangat sangat PENTING buat perjalanan ini. Kalau bisa ambil sebanyak-banyak nya saja (mumpung gratis,hhehe). Setelah itu, turun ke bawah untuk naik MRT. Phaya thai terletak di paling ujung. Jadi, MRT nya berhenti di pemberhentian terakhir. Setelah sampai di Phaya Thai kemudian membeli lagi tiket BTS. BTS menyediakan 2 tujuan yaitu SILOM LINE dan SUKHUMVIT LINE. Tetapi saya dan teman teman saya memutuskan untuk menaiki BTS dengan tujuan SUKHUMVIT dengan tujuan Nana. SUKHUMVIT merupakan kawasan yang terkenal yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Biaya BTS dari Phaya Thai ke Nhana sebesar 25 bhat. Beli tiket di mesin tujuan, tinggal pencet nomor yang akan di tuju (Nana), masukkan koin sebesar yang tercantum di layar, kemudian akan keluar kartu seperti kartu ketika hendak bermain di Time Zone. Setelah smpai di Nana, turun ke bawah lagi dengan menggunakan tangga. Ada baiknya jangan menggunakan koper yang besar atau membawa barang bawaan terlalu berat,karena bisa bisa kewalahan membawanya.

Di nana, banyak tersedia hotel yang murah Dan apalagi jika Anda memiliki banyak duit, Anda bisa menginap di Amari Hotel. Letaknya tidak jauh dari tempat BTS. Tetapi karena saya dan teman teman saya ingin menginap di hotel yang biasa biasa saja, jadi terpaksa kami mencari hotel yang murah saja. Kami akhirnya sampai di Nana Hotel yang letaknya berdekatan dengan hotll JW Marriot, Bangkok.

Tarifnya lumayan murah untuk hotel se-ukuran Hotel berbintang 4 lah, yaitu sekitar 2252 bhat untuk 4 malam/ org plus breakfast tiap pagi sebelum jam 10 dan FREE DRINK di lounge hotel. Kamar kami terletak di lantai 3,di dekat kolam renang. Di dalam kamar,tersedia AC, TV, kulkas (FREE WATER MINERAL), lemari gede plus brankas didalamnya, 1 tempat tidur gede dan 1 tempat tidur mini, toilet yang di lengkapi dengan hair dryer sekaligus AC.
Setelah smapai di kamar, kami pun istirahat sejenak.

Pada pukul 9 malam, kami pun hendak keluar makan malam dan berkeliling di sekitaran hotel. Untuk makanan, kami agak sulit menemukan makanan yang HALAL di sekitaran hotel. Kmi pun akhirnya hanya bisa makan di McDonalds,yang jarak nya tidak jauh dari hotel tempat kami mengnap, ckup hanya berjalan kaki sekitar beberapa menit. Tapi ternyata rata rata restaurant ataupun warung disana, jarang menyediakan Nasi. Harga makanan di McDonalds sangat murah, yaitu sekitar 57 bhat (2 ayam, 1 kentang, 1 pepsi).
Setelah makan, kami ke Siam Centre,yang merupakan pusat entertainment (mall, discovery,madame thausauds,dan lainnya). Untuk menuju ke Siam Centre, menggunakan BTS yang harganya sekitar 25 bhat.

Di Siam, kami hanya mencuci mata saja dan berfoto ria disana, dan sanagat sangat ramai. Maklumlah.. hari itu bertepatan dengan Tahun baru Imlek. Setelah ke Siam, kami ke MBK, Pusat perbelanjaan sejenis Mangga Dua ataupun MTC (Makassar Trade Centre), dari SIAM ke MBK hanya berjalan kaki sekitar 2 menit (gak terasa sich, soalnya rame banget), di sini kami belanja baju kaos Thailand yang hanya seharga 99 bhat. Untuk belanja bingkisan ole-ole juga sangat murah dan tersedia berbagai macam. Di sekitaran MBK dan SIAM terdapat banyak pejual emper-emperan dan harganya sangat sangat sangatt lah murah. Untuk baju, yang biasa kita lihat di butik, tapi kalau di Bangkok, baju2 seperti itu hanya di jual di emper-emperan, dan harganya sekitar 100 bhat hingga 500 bhat.

Tapi, perlu di ketahui bahwa di Bangkok, rata rata Mall hanya buka pada Malam hari, dan mulai beroperasi sekitar jam 7 malam hingga jam 2 malam. Menurut penduduk disana, Pada pagi harinya memang sengaja digunakan untuk bekerja dan sekolah bagi penduduk disana. Itulah sebabnya, suasana di Bangkok akan terlihat ramai hanya pada malam hari. Toko dan kantor saja mulai beroperasi pada pukul 11 pagi.

Jika ingin bepergian ke Budha Temple, lokasi yang paling tepat adalah di Wat Arun. Loaksinya agak jauh dari Nana,Sukhumvit. Dan juga harus menyebrang pulau. Untuk masuk ke Wat Arun, dikenakan biaya sebesar 50 bhat.

Disini (Wat Arun) juga tersedia pakaian adat Thailand tetapi harus membayarnya sebesar 100 bhat untuk menyewanya.