Welcome

Selasa, 04 Oktober 2011

Makanan Penyebab Keropos Tulang


Apa yang Anda makan jelas menentukan seberapa kuat tulang Anda. Beberapa pendekatan diet pada umumnya dianggap oleh pakar kesehatan, memiliki pengaruh yang kecil pada kesehatan tulang (utamanya terkait Osteoporosis). Karena jaringan tulang kita memiliki kebutuhan gizi yang beragam dan terkait dalam interaksi yang kompleks dengan jaringan tubuh yang lainnya.

Dibawah ini beberapa jenis makanan yang perlu diperhatikan karena bisa mempengaruhi kekuatan tulang kita.

GulaHampir setiap hari kita mengonsumsi gula, mulai dari teh manis hingga makanan ringan seperti kue-kue juga banyak mengandung gula. Namun terlalu banyak mengonsumsi gula juga menjadi ancaman bagi ketersediaan kalsium yang dibutuhkan tulang kita.

Padi-padian dan TepungPadi-padian yang dimurnikan (tepung-tepungan) kini lebih banyak dikonsumsi. Meski pada umumnya dianggap lebih menyehatkan namun ternyata sudah banyak kehilangan unsur nutrisinya. Secara tidak langsung kita kehilangan kesempatan menyediakan kebutuhan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

KafeinKafein dapat kita temukan dalam kopi, teh, minuman cola dan beberapa jenis obat. Layaknya gula, konsumsi kafein juga meningkatkan hilangnya kalsium dari tubuh melalui keluarnya cairan urin. Wanita yang kecanduan kafein beresiko lebih tinggi menderita keropos tulang pinggul dibanding wanita yang tidak kecanduan kafein.

AlkoholKonsumsi alkohol berlebihan telah diketahui sebagai penyebab berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, tidak terkecuali kesehatan tulang. Kadar alkohol berlebihan dalam tubuh menyebabkan resiko Osteoporosis yang besar.

Protein, Fosfor, dan NatriumMenu diet yang kini banyak diikuti cenderung membuat kita mengonsumsi terlalu banyak protein. Padahal Asam amino dalam protein yang pecah menjadi homosistein dapat menyebabkan keropos tulang.

Minuman yang mengandung fosfor (seperti cola), juga mengancam kesehatan tulang Anda karena mendorong timbulnya resiko osteoporosis yang cukup tinggi. Garam atau natrium juga memberikan pengaruh terhadap hilangnya kalsium dalam tubuh melalui keluarnya urin. Terlalu banyak mengonsumsi natrium membuat ginjal kita membuang kalsium melalui urin.

Sekarang mulailah mencoba pola diet yang benar dengan asupan makanan yang benar pula. Jangan sampai diet anda berhasil, tapi tulang anda mengalami pengeroposan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar